Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

widgeo

Jumat, 04 November 2011

10 Miskonsepsi Umum di Indonesia

1-[Sejarah ......]

Helm bangsa Viking memiliki tanduk
 Tidak ada bukti bahwa Viking memakai tanduk di helm mereka.

Napoleon berbadan pendek
Napoleon Bonaparte sebenarnya tidak terlalu pendek, dan juga tidak memiliki Napoleon complex. Setelah kematiannya pada tahun 1821, tinggi kaisar Prancis tersebut tercatat setinggi 5 kaki 2 inci standar Prancis. Ini sama dengan 5 kaki 6,5 inci standar internasional modern, atau 1,686 meter. Beberapa orang percaya bahwa ia dijuluki le Petit Caporal (Kopral Kecil) sebagai istilah kasih sayang.

Albret Einstein bodoh dalam matematika saat masih kecil: Albert Einstein tidak gagal dalam matematika di sekolah, seperti yang umum diyakini. Setelah dikonfirmasi mengenai fakta ini, Einstein mengatakan "Saya tidak pernah gagal dalam matematika ... Sebelum saya berumur lima belas tahun aku sudah menguasai kalkulus diferensial dan integral."

2-[Makanan.....]

Sushi harus mengandung ikan mentah:
Sushi tidak berarti "ikan mentah", dan tidak semua sushi terbuat dari ikan mentah. Sushi, dari namanya berarti "nasi asam", dan mengacu pada nasi cuka yg digunakan di dalamnya. Sushi dibuat dengan sumeshi, nasi yang telah lembut dilipat dengan nasi cuka, garam, dan saus gula. Jadi sushi tidak harus mengandung ikan mentah, bisa juga menggunakan sayuran dan produk non-daging. 

3-[Atronomi....] 

tembok besar china terlihat dari Bulan:
Hal ini umumnya diklaim, bahwa Tembok Besar China adalah satu-satunya obyek buatan manusia terlihat dari Bulan. Ini adalah hoax. Tak satu pun dari para astronot Apollo melaporkan melihat benda buatan manusia tertentu dari Bulan, dan bahkan astronot yang mengorbit dekat Bumi, hampir tak bisa melihatnya. Meskipun begitu, Lampu-lampu kota mudah terlihat di sisi malam orbit bumi. Kesalahpahaman adalah diyakini dipopulerkan oleh Richard Halliburton satu dekade sebelum pendaratan di bulan pertama.

meteorit saat mendarat di bumi panas:
 Meteorit tidak selalu panas ketika mereka mencapai Bumi. Bahkan, banyak meteorit ditemukan dengan es didalamya mereka. Sebuah meteorit berada di suhu mendekati nol mutlak ruang angkasa selama milyaran tahun, sehingga interiornya sangat dingin. Kecepatan meteor cukup untuk melumerkan lapisan luarnya, tetapi setiap logam yg mencair akan cepat tersapu, dan interior dari meteor tidak punya waktu untuk memanas karena batu merupakan konduktor panas yang buruk. Dan lagi gaya gesek atmosfer dapat memperlambat meteor kecil, sehingga saat mereka menyentuh tanah, memberikan mereka waktu untuk mendinginkan. 

4-[Biologi....]

kelelawar tidak bisa melihat:
 Kelelawar tidak buta. walaupun banyak (sebagian besar) spesies kelelawar menggunakan echolokasi sebagai indera utama, semua spesies kelelawar memiliki mata dan mampu melihat. Selanjutnya, tidak semua kelelawar dapat melakukan echolokasi dan kelelawar tersebut memiliki pengelihatan yang sangat baik di malam hari.

cacing tanah yang terbelah, keduanya akan hidup:
 Ini adalah mitos umum bahwa cacing tanah menjadi dua cacing ketika dipotong setengah. Namun, hanya sejumlah terbatas jenis cacing tanah yang mampu regenerasi anterior. Sedangkan, walaupun kebanyakan cacing tanah membelah, hanya setengah bagian depan dari cacing (dimana mulut terletak) dapat bertahan hidup, sementara separuh lainnya mati.

lalat hanya hidup selama 24 jam:
 lalat tidak memiliki umur rata-rata 24 jam. Jangka hidup rata-rata lalat adalah 20 sampai 30 hari. Namun, belatung lalat akan menetas dalam waktu 24 jam setelah dikeluarkan

banteng marah oleh warna merah:
banteng tidak marah oleh warna merah, warna kain yang digunakan dalam oleh matadors profesional. mereka buta warna, sehingga merah tidak menonjol sebagai warna cerah. bukan warna merah yang membuat marah banteng, melainkan gerakan kain yang membuat kesal banteng jantan itu dan menghasut mereka untuk menyerang. 

5-[Evolusi....] 

manusia berevolusi dari monyet:
 Manusia tidak berevolusi dari simpanse atau binatang modern lainnya. Manusia dan monyet berbagi nenek moyang yang hidup sekitar 40 juta tahun yang lalu. Jadi teori evolusi tidak pernah mengatakan bahwa monyet bisa menjadi manusia, atau kucing bisa berubah menjadi anjing. akan tetapi, manusia, monyet, dan simpanse, dan gorilla, dll. Memiliki nenek moyang yg sama. Jadi monyet bukan nenek moyang kita, melainkan sepupu jauh.

evolusi akan semakin meningkatkan kompleksitas:
 Evolusi bukanlah perkembangan dari organism rendah menuju organisme unggul, dan juga tidak selalu mengakibatkan peningkatan kompleksitas. Suatu populasi dapat berkembang menjadi lebih sederhana dan memiliki genom yang lebih kecil.

Jerapah memiliki leher panjang karena melihat pohon yang tinggi:
Evolusi tidak "terencana" untuk meningkatkan kemampuan organisme untuk bertahan hidup. Sebagai contoh, cara yang salah untuk menggambarkan evolusi jerapah adalah untuk mengatakan bahwa leher jerapah bertambah panjang dari waktu ke waktu karena mereka dibutuhkan untuk mencapai pohon tinggi. Evolusi tidak melihat kebutuhan suatu makhluk lalu menanggapinya. Sebuah mutasi yang mengakibatkan leher jerapah menjadi lebih panjang akan lebih menguntungkan di daerah dengan pohon-pohon tinggi daripada daerah dengan pohon-pohon pendek, dan dengan demikian meningkatkan kesempatan hewan hidup untuk hidup lebih lama untuk mewariskan gennya. Pohon-pohon tinggi tidak bisa menyebabkan mutasi maupun menyebabkan persentase jerapah yang lahir memiliki leher lebih tinggi dari biasa. 

6-[Tubuh Manusia....]

manusia memiliki 6 indera:
 Manusia memiliki lebih dari lima indera. Meskipun definisi bervariasi, jumlah yang sebenarnya berkisar 9 sampai lebih dari 20. Selain penglihatan, penciuman, rasa, sentuhan, dan pendengaran, yang merupakan indra yg diidentifikasi oleh Aristoteles, manusia dapat merasakan keseimbangan dan percepatan (equilibrioception), nyeri (nosisepsi), dan suhu relatif (thermoception). indera lain terkadang diidentifikasi adalah sense waktu, gatal-gatal, tekanan, lapar, haus, kepenuhan perut, perlu buang air kecil, harus buang air besar, dan tingkat karbon dioksida darah.

manusia harus minum 8 gelas air setiap hari:
Delapan gelas air sehari tidak diperlukan untuk menjaga kesehatan. Jumlah air yang dibutuhkan bervariasi oleh orang (berat), tingkat aktivitas, pakaian, dan lingkungan (panas dan kelembaban). Selain itu, mengkonsumsi hal-hal yang mengandung air, seperti jus, susu teh, buah-buahan, dan sayuran, juga membuat orang terhidrasi, dan dapat memasok lebih dari setengah air yang dibutuhkan.

minum alkohol menyebabkan tubuh hangat:
Alkohol tidak membuat yg meminumnya lebih hangat. Alasan bahwa minuman beralkohol menciptakan sensasi kehangatan adalah bahwa mereka menyebabkan pembuluh darah membesar dan merangsang ujung saraf dekat permukaan kulit dengan masuknya hangat darah. faktanya, alcohol bisa mengakibatkan suhu tubuh inti menjadi lebih rendah, karena memungkinkan untuk pertukaran panas lebih mudah dengan lingkungan eksternal dingin.

cowok memikirkan seks tiap 7 detik:
Sebuah mitos yang populer tentang seksualitas manusia adalah bahwa pria memikirkan seks setiap tujuh detikPada kenyataannya, ini belum diukur, dan sejauh ini peneliti dapat mengatakan, statistik ini sangat melebih-lebihkan frekuensi pikiran seksual.

vaksin menyebabkan autism:
Vaksin tidak menyebabkan autisme. Meskipun penelitian penipuan oleh Andrew Wakefield mengklaim adanya hubungan, pecobaan yg terus dilakukan menemui kegagalan. Dan hasil riset tersebut sudah terbukti dimanipulasi.

orang hanya menggunakan 10% kemampuan otak:
Orang tidak hanya menggunakan sepuluh persen dari otak mereka. Meskipun benar bahwa hanya minoritas kecil dari neuron di otak yang aktif pada satu waktu, neuron tidak aktif juga sebenarnya penting. Mitos ini telah lumrah dalam budaya Amerika setidaknya sejak awal abad ke-20, dan dikaitkan dengan William James, yang tampaknya menggunakan ungkapan tersebut dengan metaforis. Beberapa temuan dari ilmu otak (seperti rasio tinggi dari sel glial untuk neuron) telah keliru ditafsirkan sebagai dukungan untuk mitos tersebut.


7-[Fisika....]

petir tidak pernah menyambar tempat yg sama:
Gagasan bahwa petir tidak pernah menyerang tempat yang sama dua kali adalah salah satu takhayul tertua dan paling terkenal tentang petir. Tidak ada alasan bahwa petir tidak akan mampu menyerang tempat yang sama dua kali, jika ada badai di daerah tertentu, maka benda-benda dan tempat-tempat yang lebih menonjol atau konduktif (dan karena itu meminimalkan jarak) lebih mungkin akan diserang. Misalnya, sambaran petir di Gedung Empire State di New York City terjadi sekitar 100 kali per tahun.

air terlihat biru karena memantulkan warna langit:
Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa warna air dalam jumlah besar, seperti lautan, adalah biru karena pantulan dari langit pada permukaannya. Refleksi cahaya dari permukaan air hanya memberikan kontribusi secara signifikan ketika permukaan air sangat tenang /datar seperti cermin, dan sudut insidennya tinggi. Walaupun jumlah air yang relatif kecil terlihat tidak berwarna, air murni memiliki sedikit warna biru, yang akan menjadi lebih biru ketika ketebalannya meningkat. warna biru air adalah properti intrinsik dan disebabkan oleh penyerapan dan hamburan selektif cahaya putih. Kotoran dilarutkan atau disuspensikan dalam air dapat memberikan penampilan air berwarna berbeda.

Thomas Edison adalah penemu bola lampu:
Thomas Edison tidak menemukan bola lampu [346]. Ia memang mengembangkan bola lampu praktis pertama pada tahun 1880 (menggunakan filamen bambu yg dikarbonisasi), tak lama sebelum Joseph Swan, orang sebenarnya yang menemukan bola lampu, mengembangkan bola lampu yang bahkan lebih efisien dalam 1881 ( yang menggunakan filamen selulosa).


8-[transportasi....]

limbah toilet dari pesawat langsung dibuang ke laut:
Limbah Toilet tidak pernah sengaja dibuang ke laut dari pesawat terbang. Semua limbah dikumpulkan dalam tangki yang baru dibuang ketika pesawat mendarat.


9-[Economics....]

keadaan utang Indonesia terus memburuk:
memang benar, jumlah nominal utang Indonesia terus naik, tapi cara yg benar adalah dengan membandingkannya dengan PDB. jika dibandingkan dengan PDB, terlihat bahwa keadaan utang Indonesia justru semakin baik.

globalisasi hanya menguntungkan negara maju:
 memang, pemilik modal di negara maju lebih diuntungkan adanya globalisasi, tapi para pekerja di sana sebenarnya merugi. bahkan pekerja di negara2 berkembang sebenarnya diuntungkan.


10-[demografi....]

umlah cewe lebih banyak dari jumlah cowo
 entah kenapa mitos ini sangat kuat di Indonesia. faktanya jumlah cewe lebih sedikit dari jumlah cowo


0 komentar:

Posting Komentar